Kamis, 15 Desember 2011

Contoh Membuat Kutipan- kutipan dalam Penulisan

Nama : Riyan Hikmah Depatra
Kelas : 5.A
N.P.M : 096210565
Tugas : Penelitian ( kutipan langsung dan tidak langsung )

Kutipan kurang dari 40 kata:

Ramlan (2005 : 73) menyimpulkan “ Diftong turun adalah vokal kedua lebih rendah dari vokal pertama”.

Faizah (2008 : 51) mengatakan “ Morfem adalah satuan bentuk terkecil yang dapat membedakan makna dan atau mempunyai makna”.

Dahlan (2006 : 25) menyimpulkan “ Bunyi bahasa dapat dibedakan menjadi nasal (sengau) dan oval”. 

Chaer dan Agustina (2004:141) menyimpulkan “ Perubahan semantik yang umum adalah berupa perubahan pada makna butir- butir leksikal yang mungkin berubah total meluasi atau juga menyempit”.

Kesimpulan dari penelitian menjelaskan bahwa “ Menulis dapat didefenisikan sebagai suatu penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan bahasa tulis sebagai alat atau medianya.”(Suparno, Yunus 2006:13).

Kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa “ Sajak adalah pola estetika bahasa yang dapat di buat berdasarkan kepada pengulangan bunyi”. (Hamidy, 2001 : 63)



Kutipan langsung
Menurut Hamidy (1987 : 2) menyimpulkan “Berbicara mengenai sastra dan masyrakat, karya sastra belum tentu mencerminkan seluruh keadaan masyarakat, tetapi lebih sering mengemukakan salah satu segi kehidupan”. 

Kesimpulan dari penelitian menyatakan bahwa “ Karya sastra pujangga Baru makin kuat mencerminkan aspirasi Nasional sebagai akibat langsung  dari sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Melalui tema-tema karya sastra Pujangga baru kita dapat menghayati keadaan masyarakat Indonesia dewasa itu”.( Hamidy, 1987 : 3).


Kutipan Langsung 40 kata atau lebih:
Rusman, (2010 : 16) menarik kesimpulan sebagai berikut.
Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian tertentu. Artinya, jabatan profesional tidak bisa dilakukan atau dipegang oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut. Melainkan melalui proses pendidikan dan pelatihan yang disiapkan secara khusus untuk bidang yang diembannya. Misalnya, seorang guru profesional yang memiliki kompetensi keguruan melalui pendidikan guru seperti (S1 – PGSD, S1 Kependidikan, AKTA Pendidikan) yang diperoleh dari pendidikan khusus untuk bidang tersebut.


Kutipan yang Sebagian Dihilangkan
Penghilangan Kata = 3 titik
Faizah (2008 : 91) menjelaskan,”... pembicara mempunyai maksud tertentu ketika mengujarkan sesuatu, hal ini disebut dengan implikatur.”
Penghilangan Kalimat = 4 titik
Razak (1991 : 3) menjelaskan,” membaca memang memegang peranan penting,.... jika dikaitkan dengan program pengajaran tertentu”.
Nama : Helwince. D
Kelas : 5.A
N.P.M : 096210764
Tugas : Penelitian, tugas II

Kutipan Langsung
Menurut Wunt dalam Chaer (2002: 3) menyimpulkan “Pada mulanya bahasa lahir dalam bentuk gerak gerik yang dipakai untuk melahirkan perasaan- perasaan secara tidak sadar”.

Didalam kutipan ada kutipan
“Kata keterangan merupakan kata kata yang digunakan untuk memberi keterangan kepada kata lain, ‘seperti verba dan objektiva’, yang bukan homina dan sifatnya tidak menerangkan keadaan atau sifat”. (Faizah, 2008 : 46)  

Kutipan 40 kata atau lebih
Satori, dkk (2005 : 2.30)
Diharapkan guru membantu kepala sekolah dalam menghadapi berbagai kegiatan pendidikan lainnya yang digariskan dalam kurikulim, guru pengelola sekolah, bimbingan dan penyuluhan termasuk bimbingan karier, program kurikuler dan ekstrakurikuler, perpustakaan sekolah serta hal- hal yang terkecil.

Kutipan yang sebagian dihilangkan
Pennghilangan kata = 3 titik
Faizah (2008 : 11) menjelaskan “ Dialek adalah variasi bahasa yang digunakan ... sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat atau suatu waktu”.

Penghilangan kalimat = 4 titik
Shomary (2010 : 5) menjelaskan “Bahasa melayu itulah yang diakui.... dan para cendekiawan indonesia”.
Nama : Asriady Asidiqqy
Kelas : 5.A
N.P.M : 096210899
Tugas : Penelitian, tugas II

Didalam kutipan ada kutipan
 “Kekuatan yang reaksioner ini, menurut penganut humanisme sekuler, berasal dari ‘fundamentalis me’ agama”. (Ali, 2008 : 61)
Kutipan Langsung
Menurut leech dalam Faizah (2008 : 71) “ bahwa makana konseptual adalah makana yang dimiliki oleh sebuah leksem terlepas dari konteks atau asosiasi apapun.”

Kutipan 40 kata atau lebih
Hamidy (2001 : 78)
Totalitas puisi ini memberikan pantulan emosi yang amat istimewa kepada kita, karena puisi ini membuat persamaan yang amat baik antara sepi dan pisau, sehingga baginya sepi bagaikan sebilah pisau (sepisau). Sepi seperti pisau yang memberi luka. Sepi itu adalah duri (didalam daging) bagaikan dosa dalam batin kita. Sepi, sepisau, sepi bagaikan pisau yang tajam.uara kalbu (nyayian) pun dapat ditikamnya.

Kutipan yang Sebagian Dihilangkan
Penghilangan kata 3 titik
Ali (2008 : 61) menjelaskan,”Dasar Ketuhanan Yang Maha Esa itu adalah akidah, kepercayaan agama...”.

Penghilangan kalimat 4 titik
Hamidy (2001 : 48) menjelaskan,” Aku sebagai seniman, Ida, harus mempunyai ketajaman dan ketegasan dalam menimbang serta memutus.... kita mesti menimbang, memilih, mengupas dan kadang- kadang sama sekali membuang, sudah itu baru mengumpul satukan”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar